Application Software

Membentuk Kelompok Studi Produktif Aplikasi Perangkat Lunak dengan meningkatkan kemampuan dalam bidang aplikasi sehingga mampu bersaing di era global.

Graphic Design

Membentuk Kelompok Studi Produktif Graphic Design dan meningkatkan kemampuan sehingga mampu bersaing di era global.

Animation Design

Membentuk kelompok studi produktif Animasi dengan meningkatkan kemampuan dalam bidang animasi sehingga mampu besaing di era globalisasi.

Networking

Membentuk Kelompok Studi Produktif TKJ di bidang networking dan mengembangkan kemampuan serta minat para anggota agar dapat bersaing di dunia industri dan dunia usaha serta dapat bersaing di era globalisasi.

Web Programming

Membentuk Kelompok Studi Produktif Pemrogaman Web dengan meningkatkan kemampuan dalam bidang Web sehingga mampu bersaing di era global.

Selasa, 30 Juli 2013

ITSC SMK N 2 Klaten telah Diresmikan

ITSC News- Selasa,30 Juli 2013 21:44,Setelah sekian lama ditunggu-tunggu akhirnya ITSC SMK Negeri 2 Klaten telah diresmikan.Peresmian dilakukan di Ruang MS SMK Negeri 2 Klaten.Acara yang dihadiri oleh segenap siswa-siswi jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Klaten,wakil Kepala SMK N 2 Klaten,guru-guru,mahasiswa KKN yang ada di SMK Negeri 2 Klaten,serta tak lupa dari BLC Telkom dan Telkom Klaten.

Tepat pukul 14.00 WIB para siswa-siswi mulai hadir dan memasuki ruang MS untuk mengikuti acara sesi pertama,seperti yang direncanakan bahwa acara ini akan dilakukan melalui dua sesi.Sesi yang pertama digunakan untuk menjalin keakraban sesama jurusan antara kelas X,XI,XII.Sesi pertama dibuka dengan mendengarkan sambutan dari guru produktif Teknik Komputer dan Jaringan yaitu Bapak Muhammad Sigit Winoto dan Bapak Andi Adriyatmoko.

Acara selanjutnya yaitu memasuki sesi keakraban dengan mengadakan "Dinamika Kelompok" dengan melakukan game ringan yang diadakan di ruang serbaguna SMK Negeri 2 Klaten.Di acara ini para siswa diharapkan bisa menjalin keakraban sesama keluarga Teknik Komputer Jaringan.Acara yang dipandu oleh kakak-kakak kelas XII ini berlangsung meriah dan seru meskipun baru mengenal satu sama lain.Meskipun mereka sedang berpuasa tapi hal itu tidak mengurangi antusiasme siswa-siswi dalam melakukan game yang di pandu oleh kak Kiky Extiana dari kelas XII TKJ.

Setelah acara "Dinamika Kelompok" ini selesai para siswa-siswi Teknik Komputer dan Jaringan beserta guru produktif TKJ melakukan foto bersama.Dan menginjak pukul 15.00 WIB semua siswa-siswi yang beragama Islam menuju Masjid SMK Negeri 2 Klaten untuk melakuakan sholat Ashar berjamaah yang dipimpin oleh Bapak Muhammad Sigit Winoto.

Seusai sholat Ashar akan diikuti untuk acara sesi yang kedua,para tamu undangan mulai datang dan memasuki ruang MS.Acara sesi kedua ini dibuka dengan mendengarkan laporan "Pembentukan ITSC" yang dibacakan oleh Aris Hartono kelas XII TKJ selaku ketua panitia penyelenggara.Serta pembacaan Visi dan Misi ketua pengurus harian ITSC Alif Rizki Pambudi.

Selanjutnya disusul sambutan dari Kepala SMK Negeri 2 Klaten yang diwakili oleh Ibu Martini dan tiba diacara yang ditunggu-tunggu yaitu "Peresmian ITSC" yang dilakukan secara simbolik oleh Ibu Martini dengan menyematkan pin lambang ITSC kepada saudara Aris Hartono dan Alif Rizki Pambudi.
Para siswa-siswi pun melakukan applause atas berdirinya Information & Technology Study Community (ITSC) di SMK Negeri 2 Klaten.

Dengan berdirinya ITSC penyelenggara mengadakan "Kuliah Perdana" yang dibimbing oleh Bapak Suro Demit dan Azhari dari BLC Telkom Klaten.Para siswa-siswi dengan antusias mendengarkan dan memperhatikan informasi apa yang di berikan oleh keduanya mengenai Perkembangan Teknologi Informasi.Dengan pemberian materi dari beliau diharapkan semakin meningkatkan semangat siswa-siswi Teknik Komputer Jaringan untuk lebih semangat lagi dalam belajar tentang IT.Setelah pemberian materi dari Bapak-bapak BLC Telkom Klaten,dilanjutkan dengan Siraman Rohani (Tausyah) yang disampaikan oleh Bapak Sri Joko Pamungkas guru Pendidikan Agama Islam SMK N 2 Klaten.

Memasuki waktu berbuka puasa,dilanjutkan dengan berbuka bersama.Setelah berbuka puasa bersama, akhirnya menginjak acara pamungkas yang ditandai dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Sri Joko Pamungkas.

Terima kasih kami haturkan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam acara ini.Semoga Organisasi ini dapat berkembang dan membawa kemajuan bagi siswa-sisiwi, program keahlian (Teknik Komputer Jaringan) dan Sekolah (SMK Negeri 2 Klaten). (TAo)

Senin, 29 Juli 2013

Information & Technology Study Community

MOTTO, VISI, MISI, ACTION DAN FOKUS
KSPT ( ITSC ) SMK N 2 KLATEN
TA. 2013/2014

MOTO
Belajar disetiap kesempatan
VISI
Mewujudkan SMK Negeri 2 Klaten menjadi sekolah yang maju dalam bidang Teknologi dan Informasi dan berdaya guna bagi masyarakat.
MISI
  1. Training and Education Center ( Pusat Pendidikan dan Pelatihan yang   dapat diakses oleh masyarakat sekolah )
  2. Scince and Technology Center (Pusat Pengembangan Sains dan Teknologi yang dapat menciptakan desain rekayasa teknologi dan inovasi baru ).
  3. Production and Marketing Center (Pusat Produksi dan Pemasaran yang mampu menghasilkan produk dan jasa juga mampu menumbuhkembangkan entrepreneurship ).
FOKUS
MUTU ITSC SMK N 2 KLATEN
(Together We can)

DIVISI
  • Application Software
  • Graphic Design
  • Animation Design
  • Networking
  • Web Programming

Minggu, 28 Juli 2013

Study Community "Web Programming"



Program Kerja

A.   PERENCANAAN
Membentuk Kelompok Studi Produktif Pemrogaman Web dengan meningkatkan kemampuan dalam bidang Web sehingga mampu bersaing di era global.

B.   PROGRAM KERJA PRIORITAS
Kelompok Studi Pemrogaman Web

C.   TUJUAN
Kelompok studi ini dirancang untuk :
-          Memperkenalkan dasar-dasar pemrogaman yang digunakan untuk membuat sebuah website
-         Menggali minat dan bakat dalam mengembangkan pengetahuan dibidang web yang saat ini paling dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
-         Meningkatkan dan mengoptimalkan kemampuan dalam spesialisasi pemrogaman web
-         Memperkuat daya saing dan kemampuan sumber daya manusia dengan penguasaan teknologi

D.    MATERI
Program-program Study         :
-       Graphic Design
     Merancang sebuah website menggunakan software pengolah gambar       Photosop
-       Server Side Programming with PHP & MySQL
     Menambahkan interaktivitas dari sebuah website ke dalam database
-       Presentation Layer Implementation & Animation
     Membuat HTML & CSS sesuai dengan layout yang telah dirancang         sebelumnya
-       Membuat Animasi yang akan digunakan pada web yang telah dibuat

Study Community "Networking"



Program Kerja

A.   PERENCANAAN
Membentuk Kelompok Studi Produktif  TKJ di bidang networking dan mengembangkan kemampuan serta minat para anggota agar dapat bersaing di dunia industri dan dunia usaha serta dapat bersaing di era globalisasi.

B.   PROGRAM KERJA PRIORITAS
Kelompok Studi Produktif bidang IT Networking

C.   TUJUAN
Kelompok studi ini dirancang untuk :
-            Memperkenalkan konsep dasar jaringan serta pengembangannya.
-            Menggali minat dan bakat para anggota dalam bidang IT Networking.
-            Menambah kerukunan dan kekompakan para anggota kelompok studi.
-            Memperkuat daya saing dan kemampuan sumber daya manusia dengan penguasaan teknologi.
-            Mengembangkan ketrampilan di bidang Networking agar dapat bersaing di dunia usaha dan dunia industri.
-            Mempromosikan Keterampilan siswa SMK bidang keahlian IT/Networking kepada dunia industri sebagai calon pengguna tenaga kerja.

D.   MATERI
1.       Perakitan komputer
2.       Dasar-dasar LAN
3.       Komponen-komponen jaringan untuk membuat LAN
4.       Pengkabelan
5.       Membuat Jaringan peer to peer
6.       File sharing
7.       Membuat jaringan LAN menggunakan wireless
8.       Sistem operasi jaringan berbasis GUI dan CLI
9.       Instalasi SO jaringan berbasis GUI
10.  Instalasi SO jaringan berbasis CLI
11.  DHCP server dan DNS server
12.  Membuat PC Router dan DMZ (Demilitarized Zone)
13.  Proxy
14.  VPN (Virtual Private Network)
15.  Web Server (GUI maupun CLI)
16.  Mail server dan web mail server
17.  FTP server, NTP server dan Samba server

Study Community "Animation Design"

Program Kerja

A.     PERENCANAAN
Membentuk kelompok studi produktif Animasi dengan meningkatkan kemampuan dalam bidang animasi sehingga mampu besaing di era globalisasi

B.     PROGRAM KERJA PRIORITAS
Kelompok studi desain animasi

C.     TUJUAN
Kelompok studi ini dirancang untuk :
-         Sebagai wadah untuk minat dan bakat siswa dalam bidang animasi
-         Sebagai tempat untuk belajar dan berbagi ilmu dalam pembuatan animasi
-         Meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang animasi
-         Mempromosikan KSPT bidang animasi kepada siswa SMK N 2 Klaten khususnya siswa TKJ

D.     MATERI
1.Teori dan pengenalan tentang animasi
2.Pengenalan software-software animasi
3.Menggunakan software macromedia flash, adobe dan coreldraw
4.Membuat konsep ide cerita (sinopsis)
5.Membuat storyline animasi
6.Menggambar karakter dan menguasai cara menggambar clean-up
7.Menggambar desain properti dan latar
8.Membuat storyboard
9.Memahami gerak dasar animasi
10.Pengaturan waktu (timing)
11.Memasukkan file audio ke dalam animasi
12.Melakukan konversi file ke bentuk video
13.Menerapkan efek khusus
14.Menyimpan file video ke DVD
             15.Melakukan produksi animasi dari proses awal hingga akhir

Study Community "Graphic Design"

Program Kerja

A.   PERENCANAAN
Membentuk Kelompok Studi Produktif Graphic Design dan meningkatkan kemampuan sehingga mampu bersaing di era global.

B.   PROGRAM KERJA PRIORITAS
Kelompok Studi Graphic Design

C.   TUJUAN
Kelompok studi ini dirancang untuk :
-         Memperkenalkan dasar-dasar dalam mengoperasikan Graphic Design.
-         Menggali minat dan bakat dalam mengembangkan Graphic Design.
-         Meningkatkan dan mengoptimalkan kemampuan dalam spesialisasi Graphic Design.
-         Memperkuat daya saing dan kemampuan sumber daya manusia dengan penguasaan teknologi .
-         Membentuk SDM yang kompeten dan dapat menghasilkan karya yang layak jual di pasaran.

D.   MATERI
1.     Digital Imaging
Digital imaging merupakan pengembangan teknologi pada desain grafis untuk mengolah foto, gambar maupun suatu object menjadi lebih menarik, unik, bersifat futuristik, realis hingga abstrak.
-         Mengolah foto/gambar
-         Pembuatan IR-Photo (InfraRed Photo)
2.     Membuat gambar/illustrasi
3.     Book Design
Membuat cover buku yang berkualitas dan laku jual di pasaran, serta melakukan desain artikel atau pengolahan layout.
4.     Membuat icon Design
5.     Membuat logo dan identitas
6.     Advertising Design
Membuat desain yang bertujuan untuk menawarkan suatu produk (periklanan, penawaran, brosur, poster, undangan dll).