Sabtu, 19 Oktober 2013

Kunjungan ITSC SMK Negeri 2 Klaten ke BLC Telkom Klaten


Sabtu, 21 September 2013. Pertama kalinya ITSC SMK Negeri 2 Klaten melakukan kunjungan ke BLC Telkom Klaten dalam rangka belajar bersama. Sampai saat ini yaitu tanggal 14 Oktober 2013. ITSC SMK Negeri 2 Klaten telah melakukan kunjungan ke BLC Telkom Klaten sebanyak 4 kali.

Kunjungan Pertama
Diikuti oleh 8 orang siswa-siswi yang semuanya adalah pengurus harian ITSC SMK Negeri 2 Klaten kelas XI. Pada pertemuan pertama tersebut, kami diberi pengarahan tentang metode yang digunakan untuk belajar disana yaitu diskusi, kolaborasi, dan sharing ilmu. Selanjutnya, mereka diberi bimbingan oleh Mbah Suro Dhemit dan para siswa prakerin dari SMK Wikrama 1 Jepara tentang menggunakan fasilitas-fasilitas dari Google. Mulai dari google search, gmail, youtube, google drive, hingga blogger.

Untuk sarana berbagi ilmu dan sebagai catatan tentang materi yang dipelajari di BLC Telkom Klaten, kami pengurus harian ITSC SMK Negeri 2 Klaten membuat blog melalui blogger dan menuangkan apa yang telah kami pelajari pada blog tersebut. Berikut daftar blog yang telah dibuat saat kunjungan pertama di BLC Telkom Klaten :
http://crisnaferdi.blogspot.com/
http://nanangadiprasetya.blogspot.com/
http://alifitsc.blogspot.com/
http://massayid.blogspot.com/
http://zainqurrata.blogspot.com
http://aanfadillahriwahuda.blogspot.com/
- http://bayuningitsc.blogspot.com/
http://devikumalasaritkj.blogspot.com    

 Kunjungan Kedua
Pada kunjungan kedua ini kami belajar tentang protocol TCP/IP dan dasar - dasar konfigurasi MikroTik. Kunjungan kedua ini diikuti oleh pengurus harian ITSC SMK Negeri 2 Klaten dan anggota dari devisi Networking, dalam rangka belajar mendalami materi jaringan dan mempersiapkan diri untuk mengikuti LKS yang akan datang.

Adapun konfigurasi dasar MikroTik yang kami pelajari meliputi : mereset mikrotik, memberikan ip address pada portnya, konfigurasi DHCP server, konfigurasi DNS server, setting NTP client, dan membuat hotspot login.

Berikut dokumentasi saat kegiatan tersebut :


Kunjungan Ketiga
Kunjungan ketiga ini, kami membawa 1 pc dari sekolah, untuk digunakan praktik disana menginstal server. Materi yang kami pelajari disana pada waktu itu adalah menginstal debian server. Ada satu hal yang menjadi pengalaman baru bagi kami yaitu kami pengurus harian ITSC diajak oleh mbah Suro Dhemit untuk memompa balon wifi yang ada di pemda.

Dengan susah payah kami menurunkan balon wifi tersebut, karena angin yang kencang. Secara gotong royong kami menarik dan menurunkan balon tersebut. Setelah menurunkan balon tersebut kami memompa balon tersebut dengan gas helium. Setelah mengisi gas di balon tersebut kami menaikkan balon tersebut. Berikut adalah dokumentasi saat memompa balon wifi :


Kunjungan Keempat
Pada kunjungan keempat ini kami melanjutkan apa yang telah kami lakukan pada kunjungan sebelumnya yaitu menginstall debian server dan menginstall aplikasi yang dibutuhkan setelah install debian server.

Cukup sekian kabar atau berita tentang kegiatan ITSC SMK Negeri 2 Klaten di BLC Telkom Klaten. Berikut ini adalah dokumentasi saat kegiatan kami disana.